advertisement

Penyakit Asam Lambung Sering Kambuh

Penyakit Asam Lambung Sering Kambuh? Yuk Konsumsi Obat Herbal Ini - Sudah minum obat medis tapi gejalanya tak kunjung mereda? 

Nah, sekarang Anda bisa memilih obat herbal yang cocok untuk dikonsumsi oleh Anda. Asam lambung yang tinggi menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut yang terkadang memicu rasa mual dan muntah.

Penyakit Asam Lambung Sering Kambuh

Selain dengan mengonsumsi obat dari dokter, keluhan tersebut juga bisa diredakan dengan menggunakan bahan alami. Lantas, apa saja obat herbal dari tumbuhan yang ampuh menurunkan Asam Lambung? Yuk, simak artikel di bawah ini!

Obat Herbal Untuk Penyakit Asam Lambung

Jus Lidah Buaya

Daun lidah buaya sudah lama diketahui mengandung alkali yang baik untuk pencernaan. Tingginya kandungan air dan zat basa dipercaya dapat membantu meredakan asam lambung berlebih. 

Cara membuat olahan jus lidah buaya sangatlah mudah, Anda bisa meminumnya langsung tanpa menambahkan gula atau mencampurkannya dengan buah segar lainnya.

Oatmeal

Oatmeal termasuk salah satu makanan yang berasal dari biji-bijian. Kombinasi ini membantu menyerap kelebihan asam di lambung. Cobalah membuat oatmeal untuk sarapan setiap hari untuk meredakan gejala naiknya asam lambung yang sulit dikendalikan.

Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik yang membantu pencernaan lebih baik dan mencegah penyakit. Obat asam lambung alami ini juga memiliki efek mendinginkan lambung, sehingga dapat meredakan peradangan akibat produksi asam berlebih. 

Anda bisa menyajikan yoghurt dengan campuran roti gandum dan beberapa buah, seperti pisang, persik, dan stroberi.

Daun Mint

Sebuah penelitian menemukan bahwa daun mint baik untuk mencegah gangguan pencernaan. Manfaat daun mint dapat mengendurkan otot-otot di kerongkongan, termasuk mengendalikan produksi asam lambung berlebih. Rasanya yang menyegarkan membuat pencernaan lebih nyaman dan rileks.

Akar Manis

Rempah lain yang disebut-sebut ampuh mengatasi asam lambung berlebih adalah akar manis. Akar licorice telah lama dikenal sebagai obat maag alami yang mampu meredakan peradangan di sekitar lambung. Rempah ini juga dipercaya bisa mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Daun Kemangi

Faktanya, daun kemangi memiliki beberapa manfaat seperti menjaga kesehatan lambung dan imunitas tubuh. Jika dimakan rasanya sangat mirip dengan daun mint, karena sayur ini bisa dikonsumsi langsung sebagai lalapan. 

Anda juga bisa membuatnya menjadi rebusan. Caranya, rebus 3-4 lembar daun kemangi menggunakan sedikit air. Biarkan mendidih selama beberapa menit, dan segera konsumsi selagi hangat untuk meredakan perut kembung.

Jahe

Sebuah penelitian menilai bahwa jahe merupakan tanaman tradisional yang efektif meredakan gejala GERD. Sifat antibakteri pada jahe dapat membantu mengendalikan infeksi yang menjadi salah satu penyebab sakit perut. 

Kehangatan yang dihasilkan jahe juga bisa membuat tenggorokan lebih rileks. Asam lambung pun mereda.

Cengkeh

Cengkeh merupakan obat asam lambung alami yang mengandung senyawa karminatif. Senyawa yang terkandung dalam cengkeh ternyata bermanfaat untuk mencegah  pembentukan gas berlebih yang terjadi pada usus atau pencernaan Anda. 

Cengkeh bisa dicampur dengan kacang merah atau kacang lentil untuk diolah menjadi resep masakan sehari-hari.

Air Kelapa

Air kelapa adalah cara tradisional untuk mengobati sembelit serta rasa tidak nyaman pada perut. Kandungan air yang tinggi pada buah kelapa juga berkhasiat untuk meningkatkan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi. Dapat diminum langsung tanpa campuran apapun.

Biji Jintan

Biji jintan memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan dan meredakan sakit perut Anda. Obat tradisional ini juga bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan luka. Jinten juga sering dijadikan sebagai obat batuk alami lho.

Kurma

Selain memberikan stamina yang baik bagi tubuh, kurma juga bisa dijadikan sebagai obat asam lambung alami. 

Kurma bersifat basa sehingga dapat membantu mengendalikan asam lambung tinggi pada penderita sakit maag. Rasanya yang manis alami membuat kurma bisa langsung dimakan tanpa dicampur dengan bahan lain.

Gula Merah

Sama seperti kurma, gula merah bersifat basa dan baik untuk pencernaan. Obat asam lambung alami ini bisa menjadi alternatif pengganti gula pasir jika digunakan untuk membuat teh herbal. 

Namun disini Anda harus tetap memperhatikan porsi gula merah yang dikonsumsi ya. Sebaiknya Anda harus mengonsumsi sesuai takarannya. 

Jus Kentang

Cukup unik, faktanya kentang bisa diolah dalam bentuk jus dan airnya disaring. Jus kentang ternyata bisa digunakan sebagai obat sakit maag. Tetap batasi porsi saat mengonsumsinya, ya!

Madu

Madu telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai obat tradisional untuk beberapa masalah kesehatan. 

Madu memiliki beberapa manfaat diantaranya yaitu dapat membantu mengatasi masalah lambung, mengurangi rasa mual, dan mengurangi terjadinya mulas pada perut.

Kunyit

Dalam penelitian disebutkan bahwa kunyit sama efektifnya dengan omeprazole dalam menurunkan asam lambung yang berhubungan dengan dispepsia atau gangguan pencernaan. 

Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat anti-inflamasi. Hal ini membantu mengurangi peradangan pada lambung dan meredakan gejala asam lambung.

Anda bisa membuat teh kunyit dengan merebus potongan kunyit segar atau bubuk kunyit dalam air panas. Jika kurang suka dengan rasanya, kapsul kunyit yang mengandung ekstrak kurkumin juga bisa menjadi pilihan.

Pisang

Obat asam lambung alami lainnya yang bisa Anda konsumsi adalah buah pisang. Pisang memiliki sifat basa yang dapat membantu menetralkan asam lambung. 

Serat pisang berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Anda bisa mengonsumsi pisang langsung dalam bentuk buah segar, mengolahnya menjadi smoothies atau memakannya bersama sereal dan oatmeal.

Jagung

Jagung memiliki kandungan yang rendah asam sehingga aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Tak hanya itu, jagung mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin B, magnesium, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan sehingga dapat menunjang fungsi pencernaan yang sehat.

Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan makanan rendah asam sehingga tidak memicu produksi asam lambung berlebih. Ubi jalar ini sangat aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. 

Kandungan berbagai vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, vitamin C, potasium, dan magnesium pada ubi jalar juga baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

Demikian ulasan tentang Penyakit Asam Lambung Sering Kambuh? Yuk Konsumsi Obat Herbal Ini seperti yang dikutip laman garentpharma.com. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Penyakit Asam Lambung Sering Kambuh"

Posting Komentar